Motivasi Siswi dalam Mengikuti Kegiatan Rohis di MTsN 1 Gayo Lues Kabupaten Gayo Lues

Anita Zahrah, 190201093 (2023) Motivasi Siswi dalam Mengikuti Kegiatan Rohis di MTsN 1 Gayo Lues Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Motivasi Siswi dalam mengikuti Kegiatan Rohis di MTsN    1 Gayo Lues Kabupaten Gayo Lues] Text (Motivasi Siswi dalam mengikuti Kegiatan Rohis di MTsN 1 Gayo Lues Kabupaten Gayo Lues)
skripsi anita zahrah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Motivasi adalah usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai atau dorongan yang timbul pada diri seseorang, secara disadari atau tidak disadari, untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Rohis merupakan suatu kegiatan ektrakurikuler yang dilakukan di sekolah dengan tujuan agar setiap siswa memahami kajian tentang pendidikan islam secara lebih mendalam. Kegiatan rohis yang dilaksanakan di MTsN 1 Gayo Lues tidak berjalan secara maksimal, hal ini disebabkan masih sedikitnya partisipasi siswa tersebut. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kegiatan rohis di MTsN 1 Gayo Lues perlu adanya inisiatif dari guru agar kegiatan rohis berjalan lancar dan disukai para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana motivasi siswi dalam mengikuti kegiatan rohis di MTsN 1 Gayo Lues. (2) Mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswi dalam mengikuti kegiatan rohis (3) Mengetahui apa saja faktor keberhasilan dan penghambat kegiatan rohis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data-data di kumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pada penelitian ini adalah Siswi MTsN 1 Gayo Lues mengikuti kegiatan rohis tanpa adanya paksaan. Dewan guru MTsN 1 Gayo Lues melakukan berbagai upaya, yaitu mencari tenaga pengajar rohis yang tidak gagal teknologi dan up to date sehingga materi yang diberikan menarik, memberikan evaluasi. Faktor keberhasilan kegiatan rohis di MTsN 1 Gayo Lues, yaitu: adanya pengawasan dari guru, materi pembahasan yang menarik, tenaga pengajar yang up to date, memberikan pujian dan teguran kepada siswi. Adapun faktor penghambat kegiatan rohis, yaitu: terdapat beberapa siswi yang malas mengikuti kegiatan rohis, namun untuk mengatasinya guru terus berupaya menegur dan menasehati siswi tersebut sampai siswi tersebut termotivasi untuk mengikuti kegiatan rohis, jauhnya jarak tempuh rumah siswa dengan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anita Zahrah Anita
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:58
Last Modified: 06 Oct 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33316

Actions (login required)

View Item
View Item