Implementasi Metode Ummi Terhadap Hafalan Al–Qur’an Di TPQ Rumah Qur’an Humairah

Alviony Maulida Putri, 190201020 (2023) Implementasi Metode Ummi Terhadap Hafalan Al–Qur’an Di TPQ Rumah Qur’an Humairah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Ummi Terhadap Hafalan  Al–Qur’an Di TPQ Rumah Qur’an Humairah] Text (Implementasi Metode Ummi Terhadap Hafalan Al–Qur’an Di TPQ Rumah Qur’an Humairah)
Alviony Maulida Putri, 190201020, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman utama umat Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril yang membacanya bernilai ibadah dan Indonesia salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia namun berdasarkan riset angka buta huruf Al-Qur’an masih tinggi, MetodeUmmi hadir sebagai metode pembelajaran kontemporer yang mengedepankan kaidah tajwid yang benar dengan pendekatan bahasa ibu yang memiliki standar setiap 3 tahun santri menghafal 1 juz. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan Metode Ummi terhadap hafalan Al-Qur’an di TPQ Rumah Qur’an Humairah, bagaimana problematika yang terjadi dan upaya yang dilakukan, penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 6 orang ustadzah, kepala sekolah dan 2 orang tua santri. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Pelaksanaan Metode Ummi pada Rumah Qur’an Humairah telah berjalan dengan baik dan mengikuti sistem Ummi Foundation, 2) Problematika disebabkan oleh faktor internal berkaitan dengan kompetensi guru & faktor eksternal seperti sikap santri, rasa malas, daya ingat, pemahaman makharijul dan kerja sama dengan orang tua santri, 3) Upaya yang dilakukan yaitu diadakannya pertemuan para ustadzah pada setiap minggu untuk melakukan diskusi tentang masalah yang terjadi dan pertemuan dengan orang tua atau wali setiap bulan untuk memberitahu tentang perkembangan santri. Secara keseluruhan penggunaan Metode Ummi pada Rumah Qur’an Humairah berjalan baik, problematika yang muncul bukan karena pemilihan Metode Ummi namun dipengaruhi faktor internal dan eksternal, kekurangan Rumah Qur’an Humairah yaitu belum diadakannya pelatihan program sertifikasi, coaching, supervise dan belum menyediakan buku jilid metode Ummi oleh Tim Ummi Foundation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alviony Maulida Putri
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:58
Last Modified: 06 Oct 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33326

Actions (login required)

View Item
View Item