Persepsi Masyarakat Terhadap Peluang Partai Lokal Pada Pemilu 2024 Di Kabupaten Pidie Jaya

Reza Fahlevi, 160801090 (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Peluang Partai Lokal Pada Pemilu 2024 Di Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Peluang Partai Lokal Pada Pemilu 2024 Di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Peluang Partai Lokal Pada Pemilu 2024 Di Kabupaten Pidie Jaya)
Reza Fahlevi, 160801090, FISIP, IP, 08116851555.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu ciri negara demokrasi yaitu dengan berlangsungnya pemilihan umum (pemilu). Pemilu adalah sebuah proses pemilihan yang melibatkan partisipasi seluruh warga negara yang menggunakan hak pilih masing-masing sesuai dengan syarat yang telah di tetapkan. Lahirnya partai politik lokal Aceh adalah hasil rekomendasi yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dengan Gerrakan Aceh Merdeka (GAM). Pendirian partai politik lokal juga berdasarkan dalam peraturan Pemerintah (PP) No. 20 Tahun 2007 tentang partai politik lokal di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap peluang partai lokal pada pemilu 2024 di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini secara metodelogis dilakukan dengan metode kualitatif dan data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan anggota partai politik dan masyarakat yang mewakili setiap daerah pemilihan (dapil) di Pidie Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peluang partai politik lokal pada pemilu 2024 di Kabupaten Pidie Jaya mendatang akan lebih unggul dibandingkan dengan partai nasional, dikarenakan hampir semua masyarakat lebih mendukung partai politik lokal Aceh. Sedangkan strategi yang dapat digunakan oleh pihak partai lokal dalam memperoleh suara terbanyak pada pemilu 2024, yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Kemudian, partai politik juga dapat menggunakan Pull Political yaitu Push political dengan mengkampanyekan dengan membagian brosur, flyer, sticker, dsb.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Strategi Partai Lokal Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Reza Fahlevi
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:08
Last Modified: 06 Oct 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33334

Actions (login required)

View Item
View Item