Peran Tokoh Adat Gampong Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Di Gampong Porang Ayu Kecamatan Blangpegayon Kab. Gayo Lues)

Kartika Aini, 140402119 (2020) Peran Tokoh Adat Gampong Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Di Gampong Porang Ayu Kecamatan Blangpegayon Kab. Gayo Lues). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Tokoh Adat Gampong Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Di Gampong Porang Ayu  Kecamatan Blangpegayon Kab. Gayo Lues)] Text (Peran Tokoh Adat Gampong Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Di Gampong Porang Ayu Kecamatan Blangpegayon Kab. Gayo Lues))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Tokoh Adat Gampong dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi di Gampong Porang Ayu Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues)”. Keberadaan tokoh adat gampong mempunyai peranan yang sangat penting sebagai pengendali sosial dalam masyarakat. Selain berperan sebagai penjaga dan penegak nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, tokoh adat gampong juga berperan dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi. Karena itu, peran tokoh adat gampong di dalam lingkungan masyarakat, sangat berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pembentukan kepribadian pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan jumlah responden 9 orang. Penelitian ini menemukan bahwa peran adat gampong dalam menanggulangi kenakalan remaja dengan memberikan nasehat, bimbingan, melindungi warga dari remaja yang nakal, mencegah hal-hal yang buruk dari yang dapat merusak lingkungan dan menyediakan tempat-tempat yang dapat mengalihkan remaja untuk melakukan aktifitas agar remaja tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan serta membuat orang lain resah. Kendala-kendala yang dihadapi tokoh adat gampong dalam menanggulangi kenakalan remaja di Gampong Porang Ayu Kecamatan Blangpegayon disebabkan karena kurangnya komunikasi antar sesama tokoh, kurangnya kekompakan tokoh masyarakat, kurangnya kepedulian dari tokoh adat terhadap remaja-remaja yang nakal, adanya remaja yang melawan jika remaja tersebut ditegur, tidak ada dukungan dari tokoh adat dan keluarga itu sendiri, tidak mempunyai qanun gampong, keterbatasan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh tokoh adat itu sendiri, keluarganya dan ditambah lagi tidak ada upaya dari pihak remaja itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kartika Aini Kartika
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:17
Last Modified: 06 Oct 2023 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33341

Actions (login required)

View Item
View Item