Efektivitas Penerapan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah SMAN 4 DKI Jakarta Banda Aceh

Muhammad Tanwir, 180212049 (2023) Efektivitas Penerapan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah SMAN 4 DKI Jakarta Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kahoot!] Text (Membahas Tentang Kahoot!)
Muhammad Tanwir, 180212049, FTK, PTI, 082259041060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas X IPAS SMAN 4 DKI Jakarta Banda Aceh, terdapat suatu permasalahan berupa hasil pembelajaran siswa masih tergolong rendah, dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan tidak mendorong siswa untuk berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan aplikasi Kahoot! terhadap hasil belajar siswa kelas X IPAS SMAN 4 Banda Aceh pada materi Statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, dengan desain penelitian Nonequivalent pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapatnya pengaruh positif dari penerapan aplikasi Kahoot! yang didasarkan dari rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 77,83% di kelas eksperimen dan 65,17% di kelas kontrol. Hasil perolehan uji independent sample t test dengan nilai signifikan (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Terdapat juga perbedaan antara 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kotrol sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang dibuktikan dari hasil N-gain, di mana kelas eksperimen memperoleh nilai 57,31% yang berarti cukup efektif, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 38,25% yang berarti tidak efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPAS SMAN 4 DKI Jakarta Banda Aceh pada materi Statistika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Tanwir Tanwir
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:53
Last Modified: 06 Oct 2023 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33343

Actions (login required)

View Item
View Item