Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Buku Pelajaran Berlandaskan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Siswa Kelas IV Di SDIT Quantum School

Raudhatul Alfiani, 201003050 (2023) Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Buku Pelajaran Berlandaskan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Siswa Kelas IV Di SDIT Quantum School. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan  Buku  Pelajaran  Berlandaskan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Siswa Kelas IV Di SDIT Quantum School] Text (Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Buku Pelajaran Berlandaskan Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Siswa Kelas IV Di SDIT Quantum School)
Raudhatul Alfiani, 201003050, PPS, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Peneliti memilih judul “Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab dengan Buku Pelajaran Berlandaskan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Siswa Kelas IV di SDIT Quantum School." Peneliti mengkaji penelitian ini bahwa mata pelajaran bahasa Arab disekolah ini termasuk dalam pembelajaran muatan lokal (mulok) pada kurikulum pembelajaran sekolah. Adapaun buku pelajaran yang digunakan oleh guru yaitu “Ayo Belajar Bahasa Arab untuk MI” isi dalam buku ini terdiri dari materi yang tidak berkaitan dengan kondisi siswa dalam kehidupan sehari-hari dan juga buku yang digunakan tidak menarik bagi mereka, hal ini menyebabkan siswa kurang memahami pembalajaran bahasa arab, sehingga siswa membutuhkan buku ajar bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembang buku ajar bahasa Arab berbasis Contextual Teaching Learning, untuk mengetahui bagaimana penerapan buku ajar bahasa Arab berbasis Contextual Teaching Learning dan untuk mengetahui keefektifitas penggunaan buku ajar bahasa Arab berbasis Contextual Teaching Learning. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (R&D). Untuk mengumpulkan data melakukan observasi langsung dan tes. Adapun populasi penelitian adalah semua siswa di SDIT Quantum School dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Hasil dari peneltian ini adalah pengembang buku ajar bahasa Arab berbasis Contextual Teaching Learning dilakukan dengan cara mengidentifikasi angket kebutuhan siswa dan berkonsultasi dengan para pakar sehingga memperoleh nilai 77% buku ajar tersebut bagus dan menarik, adapun hasil observasi guru 77,8%, dan hasil observasi siswa 80%. Adapun penerapan buku ajar bahasa arab berlandasan pendekatan Contextual Teaching Learning berdasarkan hasil test -7,785 tingkat signifikansinya adalah (0,00 < 0,05( efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Raudhatul Alfiani
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:22
Last Modified: 06 Oct 2023 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33361

Actions (login required)

View Item
View Item