Pengembangan Media Komik Sebagai Media BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Di SMPs Babul Maghfirah Aceh Besar

Muhibbuddin, 170213013 (2023) Pengembangan Media Komik Sebagai Media BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Di SMPs Babul Maghfirah Aceh Besar. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Komik Sebagai Media BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Di SMPs Babul Maghfirah Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Komik Sebagai Media BK Terhadap Kedisiplinan Belajar Di SMPs Babul Maghfirah Aceh Besar)
SKRIPSI MUHIBBUDDIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Muhibbuddin
NIM : 170213013
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Bimbingan dan Konseling
Judul : Pengembangan Media Komik Sebagai Media BK Terhadap Kedisiplinan Belajar di Sekolah SMPs Babul Maghfirah
Pembimbing I : Elviana, S.Ag., M.Si.
Pembimbing II : Muslima, S.Ag., M.Ed.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik, Kedisiplinan, Belajar.

Kedisiplinan belajar di SMPs Babul Maghfirah masih ada yang terlambat masuk kelas, tidak fokus dalam belajar, tidak mengerjakan tugas sehingga kedisiplinan belajar harus ditingkatkan. tetapi, yang terjadi dilapangan siswa belum sadar pentingnya kedisiplinan dalam belajar yang tinggi akan memberi dampak yang baik pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media komik dan penilaian kelayakan produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall yang menjadi sampel 3 orang Dosen ahli, 1 orang Guru BK dan 7 orang Siswa kelas VII dengan pengumpulan data melalui lembar validasi dan uji validasi dengan analisis data melalui deskriptif kualitatif, skala dan persentase. Hasil yang didapatkan proses yang dilakukan dalam pengembangan dari mengindentifikasi potensi masalah pada guru BK dengan data dikumpulkan melalui pengamatan dan angket terkait kebutuhan pembelajaran BK.Selanjutnya, mendesain produk komik dan divalidasi ahli dan adanya perbaikan produk. Sehingga, produk direvisi diuji kembali pada siswa. Kemudian, merevisi produk dan tahapan terakhir adanya uji coba pemakaian pada siswa melihat kelayakan dan terakhir memperbanyak produksi media komik dengan kelayakan yang diperoleh 91,42% kategori sangat layak dari ahli materi, 85,71% kategori sangat layak dari ahli media dan 90% kategori sangat layak dari ahli bahasa dan siswa 80% kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa media komik yang dikembangkan sudah sangat layak untuk digunakan serta diproduksi lebih banyak bagi siswa kelas VII untuk digunakan oleh guru BK dalam pembelajaran untuk kedisplinan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.2 Psikologi Individu
Depositing User: Muhibbuddin Muhib
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:36
Last Modified: 06 Oct 2023 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item
View Item