Analisis Efektivitas Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Darussalam

Muzdhalifah, 170212115 (2023) Analisis Efektivitas Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Darussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penelitian mengenai analisis efektivitas pemanfaatan smartphone di sekolah] Text (Penelitian mengenai analisis efektivitas pemanfaatan smartphone di sekolah)
SKRIPSI MUZDHALIFAH 23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Virus Covid-19 yang terus melanda memberi dampak yang cukup mengejutkan bagi pendidikan di Indonesia, sehingga beberapa kebijakan dilakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi virus ini. Salah satunya dengan memberikan kebijakan membatasi aktifitas keluar rumah. Sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh haruslah dilakukan untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19. Penggunaan smartphone menjadi salah satu solusi untuk pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran jarak jauh pada masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis data Miles dan Huberman dengan tiga tahap model alir. Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Darussalam pada priode semester genap tahun ajaran 2019/2020 memiliki tingkat efektivitas yang masih cukup kurang dikarenakan banyak sekali kendala-kendala yang harus dihadapi. Pada priode semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, tingkat ke efektifan pemanfaatan smartphone menjadi lebih tinggi dikarenakan banyak solusi-solusi yang ditawarkan pada kegiatan pembelajaran jarak jauh ini. Adapun 3 faktor utama yang mempengaruhi efektivitas pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Darussalam yaitu: 1.) kesadaran diri dan motivasi belajar siswa, 2.) infrastruktur yang memadai, dan 3.) metode pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muzdhalifah Muzdhalifah
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:12
Last Modified: 09 Oct 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item
View Item