Peranan Jabatan Agama Islam Kedah Dalam Menangani Aliran Syi'ah

Mohd Amru Bin Ahmad Rohimi, 160302012 (2021) Peranan Jabatan Agama Islam Kedah Dalam Menangani Aliran Syi'ah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aliran Syi'ah] Text (Aliran Syi'ah)
Mohd Amru Bin Ahmad Rohimi, 160302012, FUF, SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penulisan ini menganalisis Peranan Jabatan Agama Islam Provinsi Kedah Dalam Menangani Aliran Syi'ah terutamanya dalam menilai pengaruh yang di akibatkan oleh ajaran Syi'ah dalam melakukan perubahan pemahaman pemikiran keimanan Islam dalam masyarakat setempat. Gejala ini ada di jalankan secara terang – terangan dan ada juga yang bergerak secara halus dan tersembunyi tanpa kita sadari. Aliran ini juga mendapat dukungan tokoh - tokoh agamawan setempat.
Penulisan ini bertujuan untuk menjawab dari permasalahan pokok, yaitu bagaimana faktor yang melatarbelakangi munculnya dan pengaruh aliran Syi'ah di Provinsi Kedah, Malaysia, serta tindakan Jabatan Agama Islam Provinsi Kedah dalam mencegah berkembangnya aliran Syi'ah. Aliran disebut sebagai Agent of social change, karena munculnya hubungan antar masyarakat seringkali dikaitkan dengan keberadaan agama sebagai sebuah identitas utama dalam kehidupan. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil data primer dan sekunder. Kedua data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Penulis melakukan wawancara dan dokumentasi untuk menghasilkan data mengenai Peranan Jabatan Agama Islam Kedah dalam Menangani Aliran Syiah yang dikhususkan kepada masyarakat Provinsi Kedah Darul Aman.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemunculan ajaran Syi'ah di Provinsi Kedah adalah selepas kemenangan kaum Syi'ah yang menentang Syi'ah ketika revolusi Iran pada tahun 1979. Kajian mendapati perbezaan yang berlawanan antara kepercayaan, persepsi dan amalan dalam kalangan Syi'ah. Pihak berkuasa serta pihak Jabatan Agama Islam Kedah melakukan pelbagai cara untuk menangani Syi'ah di Provinsi Kedah unutk menyadarkan masyarakat bahawa ekstrim nya aliran Syi'ah. Aliran-aliran sesat yang muncul membentuk sebuah komunitas ajaran yang salah sehingga difatawakan oleh Jabatan Agama Islam Provinsi Kedah bahwa aliran Syi'ah itu adalah haram di amalkan di Provinsi Kedah dan di seluruh Malaysia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Mohd Amru Ahmad Rohimi
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:57
Last Modified: 09 Oct 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33386

Actions (login required)

View Item
View Item