Pemikiran Politik Islam H.O.S Tjokroaminoto Tentang Konsep Kesejahteraan Rakyat Dan Relevansinya Dengan Dinamika Kesejahteraan Aceh Saat Ini

Sartika Rahayu, 190801027 (2023) Pemikiran Politik Islam H.O.S Tjokroaminoto Tentang Konsep Kesejahteraan Rakyat Dan Relevansinya Dengan Dinamika Kesejahteraan Aceh Saat Ini. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Pemikiran Politik Islam H.O.S Tjokroaminoto Tentang Konsep Kesejahteraan Rakyat Dan Relevansinya Dengan Dinamika Kesejahteraan Aceh Saat Ini] Text (Pemikiran Politik Islam H.O.S Tjokroaminoto Tentang Konsep Kesejahteraan Rakyat Dan Relevansinya Dengan Dinamika Kesejahteraan Aceh Saat Ini)
Sartika Rahayu, 190801027, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Konsep pemikiran Politik Islam HOS Tjokroaminoto adalah sebuah landasan filosofis untuk memahami Islam secara Universal, berisi tentang relasi harmonis antara nilai ketuhanan dan kemanusiaan dan juga konsep pemikiran politik Islam HOS Tjokroaminoto berisi tentang konsep kesejahteraan rakyat, yang merupakan nilai reflektif untuk dijadikan acuan pada konteks politik Islam ke-Indonesiaan sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pemikiran HOS Tjokroaminoto tentang kesejahteraan rakyat dan untuk menganalisis korelasi konsep kesejahteraan rakyat menurut HOS Tjokroaminoto dengan kesejahteraan rakyat Aceh saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research yaitu penelitian yang mencoba mengumpulkan data penelitian dari berbagai literatur dan berbagai sumber teks/tulisan yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di Aceh, pemerintah maupun masyarakat Aceh dapat menerapkan beberapa indicator kesejahteraan yang ditawarkan HOS Tjokroaminoto , diantaranya Volksinitiatief yaitu rakyat diberi kesempatan untuk menyampaikan inisiatif secara langsung, menerapkan system parlemen dan pemerintahan dalam suatu negara yang dimaksud oleh HOS Tjokroaminoto yaitu system yang sesuai dengan demokrasi dan musyawarah yang didukung oleh pendapat dan kehendak rakyat, mementingkan nasib rakyat, dan berjuang demi kesejahteraan rakyat. Indicator lainnya ialah yang terdapat dalam program asas dan program tandzim yaitu persatuan umat, kemerdekaan umat, sifat pemerintah, penghidupan ekonomi, keadaan dan derajat manusia di dalam pergaulan hidup dan hukum, dan serta kemerdekaan yang sejati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Sartika Rahayu
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:53
Last Modified: 09 Oct 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33388

Actions (login required)

View Item
View Item