Efektivitas Sistem Perkuliahan Daring Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Alvin Gunawan Pasi, 180403012 (2023) Efektivitas Sistem Perkuliahan Daring Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Efektivitas Sistem Perkuliahan Daring Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Efektivitas Sistem Perkuliahan Daring Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Alvin Gunawan Pasi, 180403012, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Sistem Perkuliahan Daring Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Sistem pembelajaran online / daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa mengadakan aktivitas tatap muka secara langsung antara dosen pengajar dan mahasiswa, melainkan dilakukan dengan online yang menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas variabel independen (Perkuliahan Daring) terhadap variabel dependen (Kualitas Belajar). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang aktif pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang mahasiswa dari angkatan 2015 sampai dengan 2022. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan metode statistik, data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya efektivitas yang positif dan signifikan antara perkuliahan daring terhadap kualitas belajar. Hal ini dibuktikan dari besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,626. Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti memperoleh thitung > ttabel (12,801 > 1,984) dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada efektivitas perkuliahan daring (variabel independen) dengan kualitas belajar (variabel dependen). Adapun tingkat persentasi efektivitasnya yaitu sebesar 62,6%, sedangkan sisanya sisanya disebabkan oleh faktor lain sebesar 37,3% yang tidak peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Alvin Gunawan Pasi Hendra Gunawan
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:57
Last Modified: 09 Oct 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33390

Actions (login required)

View Item
View Item