Hubungan Tingkat Hafalan Al¬qur’an Terhadap Akhlak Siswa Di Sd Muhammadiyah 1 Kota Banda Aceh

Muhammad Fachruddinsyah Nasution, 180303026 (2023) Hubungan Tingkat Hafalan Al¬qur’an Terhadap Akhlak Siswa Di Sd Muhammadiyah 1 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Tingkat Hafalan Al¬qur’an Terhadap Akhlak Siswa Di Sd Muhammadiyah 1 Kota Banda Aceh] Text (Hubungan Tingkat Hafalan Al¬qur’an Terhadap Akhlak Siswa Di Sd Muhammadiyah 1 Kota Banda Aceh)
Muhammad Fachruddinsyah Nasution, 180303026, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Secara teori akhlak seseorang akan baik jikalau terdapat ayat-ayat Alquran dalam dirinya. Dalam penelitian ini akan mencari hubungan antara dua variabel, sehingga jenis peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti mengunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan sebagai penambah peneliti mengunakan metode wawancara. Untuk analisis, peneliti mengunakan teknik analisis deskriptif dan tahap pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa kelas V dan 25 siswa kelas VI, dalam penelitian ini peneliti mengunakan bantuan SPSS for Windows 24. Hasil penelitian untuk melihat tingkat ketercapaian hafalan dan akhlak siswa terhadap orang tua, guru dan teman menggunakan analisis deskriptif pada siswa kelas V dan kelas VI mendapatkan kategori baik. Hasil penelitian untuk melihat hubungan hafalan Alquran terhadap akhlak peneliti menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman yang menggunakan uji hipotesis. Ada pun hasil dari hubungan tingkat hafalan Alquran terhdapat akhlak siswa kelas V dan kelas VI menunjukkan tidak adanya korelasi atau tidak ada hubungan yang signifikan antara hafalan alquran terhadap akhlak siswa dengan nilai signifikan (0,484) lebih besar dari (0,005) untuk kelas V dan nilai signifikan (0,043) lebih besar dari (0,005) untuk kelas VI.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Alquran, Akhlak siswa.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Fachruddinsyah Nasution
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:58
Last Modified: 09 Oct 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33396

Actions (login required)

View Item
View Item