Efektifitas Thariqah Mubasyarah Dalam Pembelajaran Mufradat Menggunakan Kitab Baina Yadaik

Nadia Sofia, 190202156 (2023) Efektifitas Thariqah Mubasyarah Dalam Pembelajaran Mufradat Menggunakan Kitab Baina Yadaik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Thariqah Mubasyarah Dalam Pembelajaran Mufradat Menggunakan Kitab Baina Yadaik] Text (Efektifitas Thariqah Mubasyarah Dalam Pembelajaran Mufradat Menggunakan Kitab Baina Yadaik)
Nadia Sofia, 190202156, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, bahwa siswa di MTsS Darul Mukhlisin Aceh Tengah masih kurang dalam penguasaan mufradat sehingga mereka kesulitan dalam berbicara menggunakan Bahasa Arab. Salah satu faktor yang menyebabkan permasalah ini adalah guru tidak menggunakan metode dan buku yang bisa membantu meningkatkan mufradat siswa pada saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Thariqah Mubasyarah dan Kitab Baina Yadaik efektif dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one grup pre-test post-test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas satu tsanawiyah yang berjumlah 105 siswa. Adapun samplenya berjumlah 31 siswa dari kelas 1d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pretest dan posttes adalah dengan tingkat signifikan (Sig 2-tailed) 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa penggunaan Thariqah Mubasyarah dan Kitab Baina yadaik efektif digunakan dalam pembelajaran mufradat. Adapun hasil dari penelitian kegiatan guru dan santriwati pada saat proses pembelajaran mufradat menggunakan Thariqah Mubasyarah dan Kitab Baina yadaik mendapat nilai 98,5% untuk lembar observasi guru dan 96,9% untuk lembar observasi siswa. Ini membuktikan bahwa Thariqah Mubasyarah dan Kitab Baina Yadaik efektif dalam pembelajaran Mufradat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadia Sofia
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:13
Last Modified: 09 Oct 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item
View Item