Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs

Ghina Raihanah, 180205013 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs] Text (Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP/MTs)
Ghina Raihanah, 180205013, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic adalah rangkaian pertanyaan yang bersifat tuntunan dalam solusi masalah, dan biasanya menggunakan kata tanya apa masalahnya, adakah alternatifnya, apakah bermanfaat, adakah solusinya, dan bagaimana sebaiknya cara mengerjakannya. Beberapa penelitian terdahulu telah menunjukkan keberhasilan dari penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic, sehingga peneliti ingin meneliti kembali model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sehingga terpilih kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ghina Raihanah Ghina
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:08
Last Modified: 09 Oct 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33406

Actions (login required)

View Item
View Item