Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konsentrasi Belajar Pada Santri Yayasan Dayah Nidhamul Fata

Alya Muni, 180402095 (2023) Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konsentrasi Belajar Pada Santri Yayasan Dayah Nidhamul Fata. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konsentrasi Belajar Pada Santri Yayasan Dayah Nidhamul Fata] Text (Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Konsentrasi Belajar Pada Santri Yayasan Dayah Nidhamul Fata)
Alya Muni, 180402095, FDK, BKI, 082213241758.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kurangnya self-regulation santri dalam belajar menjadi pendorong dilakukannya pembelajaran ini yang mengakibatkan mereka tidak memperhatikan guru dan disibukkan dengan aktivitasnya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan hubungan antara konsentrasi belajar dan pengaturan diri. Santri sering mengalami kendala dalam kegiatan belajar mengajar, seperti mengganggu temannya selama proses pembelajaran, gelisah saat mengikuti proses pembelajaran, tidak tenang dan tidak dapat memperhatikan guru saat menyampaikan materi pembelajaran, tidak dapat berbicara dengan baik. menyelesaikan tugas, melamun di kelas, tidur di kelas, tidak mengikuti petunjuk guru, dan tidak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kapasitas untuk berkonsentrasi pada pelajaran adalah konsentrasi belajar. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah self-regulation dan konsentrasi belajar santri Yayasan Dayah Nidhamul Fata berhubungan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner skala Likert. Sampel dan populasi berjumlah 60 santri. Uji nonparametrik dan metode statistik koefisien korelasi peringkat sperman juga akan digunakan untuk menganalisis data. Uji rank spreader pada SPSS 24 for Windows menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara self-regulation dengan konsentrasi belajar di Yayasan Dayah Nidhamul Fata. Hal ini berdasarkan hasil analisis peringkat Spearman. Korelasi yang signifikan menghasilkan nilai 0,87. dimana 0,87 lebih besar dari 0,05, tanda bahwa ada hubungan antara kedua variabel atau lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alya Muni
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:29
Last Modified: 09 Oct 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33415

Actions (login required)

View Item
View Item