Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku Pernah Tenggelam Karya Fuadh Naim

Nadia Rifka, 160401052 (2023) Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku Pernah Tenggelam Karya Fuadh Naim. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku Pernah Tenggelam Karya Fuadh Naim] Text (Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku Pernah Tenggelam Karya Fuadh Naim)
Nadia Rifka,160401052, FDK, KPI, 082392005562.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Variasi Kalimat Dan Penggunaan Teknik Komunikasi Persuasif Dalam Buku Pernah Tenggelam Karya Fuadh Naim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi kalimat dan penggunaan teknik komunikasi persuasif dalam buku Pernah Tenggelam karya Fuadh Naim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berupa kalimat yang dipilih oleh peneliti dalam buku Pernah Tenggelam karya Fuadh Naim. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah buku Pernah Tenggelam karya Fuadh Naim. Objek penelitian ini merupakan variasi kalimat dan teknik penggunaan komunikasi persuasif yang terdapat dalam buku Pernah Tenggelam karya Fuadh Naim. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data memakai teknik content analysis. Keabsahan data dalam penelitian ini ditempuh melalui proses mengklasifikasi data kemudian mendeskripsikan data ke dalam bentuk variasi kalimat dan teknik komunikasi persuasif. Hasil penelitian ini berupa variasi kalimat yang ditemukan, yaitu kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, dan kalimat seru. Teknik persuasif yang digunakan yaitu teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik fear arousing. Adapun perincian hasil variasi kalimat berdasarkan jumlahnya sebagai berikut. Kalimat berita berjumlah 45 kalimat, kalimat tanya berjumlah 16 kalimat, kalimat perintah 4 kalimat, dan kalimat seru 6 kalimat. Sedangkan hasil rincian teknik persuasif berdasarkan jumlahnya yaitu, teknik integrasi berjumlah 3 kalimat, teknik ganjaran 3 kalimat, teknik tataan 3 kalimat, dan teknik fear arousing berjumlah 10 kalimat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 090 Manuscripts ,Buku Langka, Materi tercetak langka lainnya > 092 Block Books
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadia Rifka Na
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:24
Last Modified: 10 Oct 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33416

Actions (login required)

View Item
View Item