Peningkatan Mutu Pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry (Studi Analisa Peluang Dan Tantangan)

Muhammad Sufri, 29173538 (2023) Peningkatan Mutu Pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry (Studi Analisa Peluang Dan Tantangan). Masters thesis, Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Mutu Pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry (Studi Analisa Peluang Dan Tantangan)] Text (Peningkatan Mutu Pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry (Studi Analisa Peluang Dan Tantangan))
Muhammad Sufri 29173538.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Mutu pendidikan merupakan suatu nilai tertinggi yang harus dicapai. Meningkatkan mutu pendidikan merupakan kewajiban bagi lembaga pendidikan guna meningkatkan kualitas lulusannya. Peningkatan mutu lembaga pendidikan yang meliputi mutu sistem pendidikan, pengajar, tenaga kependidikan serta mahasiswa harus dilakukan dengan upaya strategis oleh lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran dan strategi yang dilakukan oleh program studi S2 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Ar-Raniry dalam meningkatkan mutu serta menganalisa peluang dan tantangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Program studi S2 PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry telah melakukan upaya peningkatan mutu dan menetapkan dua program strategis, pertama, program strategis eksternal meliputi; kerjasama dengan universitas lain, pertukaran mahasiswa, kerjasama bidang penelitian dan penerbitan karya ilmiah dan membangun gampong binaan. Kedua, Penguatan Internal meliputi; Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan prodi, penyediaan dosen yang berkualitas, mahir teknologi dan pelibatannya dalam kegiatan prodi, pelayanan akademik prodi yang berkualitas (Service Excellent), fokus menjalankan visi dan misi prodi sesuai renstra dan mensosialisasikannya kepada mahasiswa, peningkatan kualitas pembelajaran, pelaksanaan seleksi masuk dan syarat lulus yang ketat, penyediaan sarana dan prasarana dan menjalankan aktivitas prodi dengan mengacu pada borang akreditasi. Peluang prodi S2 PAI dalam meningkatkan mutu program studi diantaranya; minat guru PAI di sekolah dan madrasah yang ada di Aceh melanjutkan pendidikan pada Prodi S2 PAI, kerjasama dengan universitas lain dalam dan luar negeri, kerjasama dengan pemerintah daerah dan lembaga non pendidikan. Sedangkan tantangan dan hambatannya adalah sebagai berikut; sistem administrasi dan dokumentasi masih terpusat pada bidang akademik dan tata usaha Pascasarjana, adanya intervensi pimpinan terhadap kebijakan prodi dalam penempatan dosen yang mengajar, adanya program studi magister PAI di kampus lain yang ada di Aceh, adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung berhenti. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan dan role model untuk prodi lain dalam meningkatkan mutunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Sufri
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:53
Last Modified: 09 Oct 2023 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33421

Actions (login required)

View Item
View Item