Dampak Komitmen Manajemen Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Di PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam

Mujiana, 191008004 (2023) Dampak Komitmen Manajemen Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Di PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Ekonomi Syariah.

[thumbnail of Dampak Komitmen Manajemen Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Di PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam] Text (Dampak Komitmen Manajemen Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Di PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Ditinjau Menurut Ekonomi Islam)
Mujiana, 191008004, Pascasarjana, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan jasa air kepada konsumen,namun dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen masih banyak permasalahan, seperti penaganan keluhan konsumen terkesan lambat. Sehingga komitmen manajemen PDAM belum mampu meningkatkan kualitas pelayanan konsumen dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana komitmen manajemen PDAM Tirta Mountala terhadap peningkatan kualitas pelayanan konsumen, bagaimana cara manajemen PDAM Tirta Mountala melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan konsumen, serta bagaimana realisasi peningkatan kualitas pelayanan konsumen yang telah dilakukan oleh pihak manajemen PDAM Tirta Mountala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data melalui kegiatan wawancara dengan Kepala Bagian Hubungan Pelanggan dan Kepala bagian Teknik PDAM Tirta Mountala Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen manajemen PDAM Tirta Mountala untuk meningkatkan kualitas pelayanan konsumen dengan menetapkan suatu kebijakan sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh pemerintah (UU), dan juga sesuai dengan rencana bisnis (business plan) PDAM Tirta Mountala. Cara dan upaya peningkatan kualitas pelayanan konsumen dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk menilai tingkat keberhasilan peningkatan kualitas pelayanan konsumen. Kemudian realisasi yang telah dilakukan oleh pihak manajemen PDAM Tirta Mountala dalam peningkatan kualitas pelayanan konsumen tiap tahunnya ada pencapaian yang bagus dari tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mujiana Muji
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:00
Last Modified: 09 Oct 2023 08:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33425

Actions (login required)

View Item
View Item