Implementasi Critical Thinking Melalui Metode Syawir pada Pembelajaran Fiqh di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar

Shalihin, 201003006 (2023) Implementasi Critical Thinking Melalui Metode Syawir pada Pembelajaran Fiqh di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Critical Thinking Melalui Metode Syawir pada Pembelajaran Fiqh di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar] Text (Implementasi Critical Thinking Melalui Metode Syawir pada Pembelajaran Fiqh di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar)
08. Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguraikan prosedur dan efektivitas pembelajaran Fiqh dengan menggunakan metode syawir dalam meningkatkan critical thinking santri Dayah Babul U’lum Abu Lueng Ie (2) Menjelaskan efektifitas pembelajaran Fiqh dengan menggunakan metode syawir dalam meningkatkan critical thinking santri Dayah Babul U’lum Abu Lueng Ie (3) Menemukan faktor hambatan dan tantangan metode syawir pada pelaran Fiqh di Dayah Babul U’lum Abu Lueng Ie.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui penerapan metode syawir di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat melalui metode syawir dalam meningkatkan critical thinking santri Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Al-Aziziyyah Aceh Besar. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknis analisis data yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan musyawarah terbagi menjadi dua yaitu musyawarah bulanan dan musyawarah mingguan. Efektifitas kegiatan metode syawir untuk melatih mental, sekaligus mengasah kemampuan berpikir para santri sebagai bekal untuk hidup bermasyarakat Faktor pendukung dalam musyawarah yaitu, Kesadaran santri, Teman satu kelompok, Teman beda kelompok, Materi yang dibahas, Kepedulian tim musyawirin, Referensi yang cukup memadai, Sanksi yang cukup tegas. Sedangkan faktor penghambat musyawarah yaitu Kurangnya minat santri, Mental yang lemah, Kurangnya pemahaman santri, Keterbatasan waktu, Kondisi kesehatan santri, Kemampuan santri dalam menyampaikan pendapat manfaat dan penerapan metode syawir dapat membentuk karakter seorang peserta didik menjadi disiplin, berani berpendapat, menerima pendapat orang lain, rasa ingin tahu, kerja keras, memiliki rasa tanggung jawab, dan berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shalihin Shalihin
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:39
Last Modified: 13 Oct 2023 01:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33431

Actions (login required)

View Item
View Item