Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini

Nurul Afriliani, 170210081 (2023) Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Lingkungan Keluarga, Karakter Tanggung Jawab] Text (Lingkungan Keluarga, Karakter Tanggung Jawab)
Nurul Afriliani, 170210081, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Karakter tanggung jawab merupakan melakukan semua tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh dan kesiapan menanggung segala resiko atas perbuatannya. Bagi Anak Usia Dini lingkungan keluarga adalah wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran lingkungan keluarga dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian terkait peran yang dilakukan orang tua dalam pembentukan karakter tanggung jawab adalah dengan cara memberitahu, mengajarkan, melatih ,
Membiasakan dan memberikan contoh. Adapun bentuk pengasuhan yang di berikan orang tua kepada anak yaitu membentuk anak supaya menjadi pribadi yang baik dan berkarakter, bentuk pengasuhan yang diberikan yaitu tipe otoriter dan demokratis. Berdasarkan hasil penelitian peneliti juga Menemukan beberapa kendala dalam pembentukan karakter tanggung jawab di Kampung Ramung Jaya di antaranya adalah hp/gadget, TV, rasa malas dan keasikan anak saat bermain. Upaya yang diberikan orang tua dalam menerapkan karakter tanggung jawab adalah dengan cara melatih secara perlahan, mengajarkan, memberikan contoh yang baik, menanamkan dan mengingatkan hal-hal kecil tentang karakter tanggung jawab dan melakukan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nurul Afriliani Nurul
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:21
Last Modified: 10 Oct 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33433

Actions (login required)

View Item
View Item