Asosiasi Budaya Fandom BTS ARMY Dalam Kehidupan Agama Di Aceh

Rizqa Fitri Wulandari, 180305017 (2023) Asosiasi Budaya Fandom BTS ARMY Dalam Kehidupan Agama Di Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Asosiasi Budaya Fandom BTS ARMY Dalam Kehidupan Agama Di Aceh] Text (Asosiasi Budaya Fandom BTS ARMY Dalam Kehidupan Agama Di Aceh)
Rizqa Fitri Wulandari, 180305017, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Budaya fandom telah menjadi fenomena yang signifikan di era digital saat ini, dengan salah satu contoh terkemuka adalah fandom BTS Army. Namun, ketika kita membahas tentang kehidupan sosial agama di daerah yang mengarungi seperti Aceh, muncul pertanyaan mengenai bagaimana asosiasi budaya ini berdampak pada praktik-praktik religius masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui bagaimana asosiasi budaya dikalangan fandom BTS ARMY, 2) Untuk mengetahui faktor terjadinya asosiasi budaya dikalangan kelompok fanbase BTS ARMY. 3) Untuk mengetahui bagaimana penyesuaian menyelaraskan budaya K-pop sesuai dengan Syariat Islam di Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan diskriptif yang bersifat kualitatif, melalui Teknik pengumpulan data, 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data meggunakan tiga cara yaitu, 1) Reduksi data, 2) Disply data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan asosiasi budaya fandom BTS ARMY dalam kehidupan sosial agama di Aceh ditemukan, bahwa terjalin hubungan positif yang sangat signifikan antara fanatisme atau kecintaan terhadap idola dengan solidaritas yang mengindenfikasi bahwa semakin tinggi fanatisme maka semakin tinggi juga tingkat solidaritas antaranggota. Kebersamaan dan keterikatan tersebut juga dapat mendorong lahirnya inovasi dan ide-ide positif yang tidak hanya berdampak pada internal komunitas, namun juga dapat berdampak luas kepada masyarakat. Kegiatan yang sering dilakukan komunitas fandom BTS ARMY Aceh yaitu kegiatan fangirling,donasi dana, solidaritas sesama fandom BTS ARMY yang lainnya di luar Aceh, dan juga adanya peraturan dalam komunitas agar menciptakan keteraturan dan kenyamanan dalam komunitas ARMY Aceh. Faktor yang menyebabkan terjadinya asosiasi budaya dikalangan kelompok fanbase BTS ARMY Aceh yaitu music dan fashion yang mana music kpop banyak di sukai karena lirik lagu dan musiknya sesuai seperti realita yang terjadi di kehidupan sehari-hari, dan fashion style yang unik-unik, make up yang natural cocok dipakai untuk ootd sehari-hari. upaya yang dapat dilakukan adalah mengadaptasi lirik lagu agar lebih Islami, memilih pakaian dan tampilan yang sopan, menghindari gerakan tarian sensual atau seksi, serta fokus pada lagu-lagu dengan pesan positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asosiasi budaya Kpop, Komunitas fandom BTS ARMY
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Rizqa Fitri Wulandari Wulan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:22
Last Modified: 10 Oct 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33437

Actions (login required)

View Item
View Item