Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Fazira Nur Islamiati, 170209063 (2023) Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada  Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar)
Fazira Nur Islamiati, 170209063, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa motivasi dan minat belajar peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat dari peserta didik yang kurang perhatian terhadap pembelajaran. Kurangnya penggunaan media yang menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik kurang termotivasi dan tidak memiliki minat untuk belajar. Pembelajaran hanya menggunakan buku paket tema sebagai sumber belajar serta sumber belajar yang digunakan tidak mengaitkan materi dengan nilai-nilai islami. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik yang dapat menunjang motivasi dan minat peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan dan mengetahui kelayakan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Desseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, pengembangan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Pembelajaran Tematik sudah sangat layak dan bisa menjadi inovasi yang menarik. Kedua, kelayakan Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami dinilai oleh ahli media memperoleh persentase 98,75% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 94,54% dengan kategori “Sangat Layak”. Ketiga, hasil respon guru terhadap Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami pada saat uji coba produk memperoleh persentase 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Media Scrapbook Berbasis Nilai-Nilai Islami yang dikembangkan memiliki tingkat ke valid an yang tinggi, sehingga sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Scrapbook, Nilai-Nilai Islami, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fazira Nur Islamiati
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:45
Last Modified: 10 Oct 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33444

Actions (login required)

View Item
View Item