Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP

Cinthia Azzahra, 180205018 (2023) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of LKPD Berbasis Metaphorical Thinking, Pemahaman Konsep Matematis] Text (LKPD Berbasis Metaphorical Thinking, Pemahaman Konsep Matematis)
Cinthia Azzahra, 180205018, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep sangat penting dimiliki oleh peserta didik, karena merupakan awal untuk memahami keberlanjutan akan materi yang dipelarai. Namun hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis masih kurang. Salah satu cara yang dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep peserta didik lebih baik dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan LKPD berbasis Metaphorical Thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan dengan menggunakan LKPD berbasis Metaphorical Thinking dan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Wih Pesam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling sehingga terpilih kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar berupa LKPD berbasis Metaphorical Thinking lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Datar Segiempat kelas VII SMP Negeri 3 Wih Pesam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cinthia Azzahra Cinthia
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:45
Last Modified: 10 Oct 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item
View Item