Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Melalui Patroli di Kabupaten Aceh Singkil

Ade Syahreza, 170105044 (2023) Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Melalui Patroli di Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Melalui Patroli di kabupaten Aceh Singkil] Text (Peran Wilayatul Hisbah Dalam Pencegahan Khalwat Melalui Patroli di kabupaten Aceh Singkil)
Adee NEW SKRIPSI REVISI (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Khalwat adalah permasalahan yang tertuang kedalam Qanun, Salah satu permasalahan Khalwat yaitu contohnya di Aceh Singkil masih banyak pergaulan-pergaulan yang melanggar syari’at antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Oleh karena itu, Wilayatul Hisbah (WH) berperan dalam mencegah terjadinya khalwat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pencegahan khalwat dalam Tindakan patrol oleh Wilayatul Hisbah di Kabupaten Aceh Singkil dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Wilayatul Hisbah di Kabupaten Acerh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dapatkan di lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terkait strategi Wilayatul Hisbah dalam mencegah khalwat di Kabupaten Aceh Singkil, Wilayatul Hisbah melakukan pengawasan atau patrol di siang dan malam hari. Selain itu juga memberikan sosialisasi yang di tujukan kepada sekolah-sekolah, para pemilik cafe dan masyarakat umum untuk mencegah terjadinya perbuatan khalwat yang melanggar syari’at Islam. Dalam menjalankan tugas wilayatul Hisbah terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat dalam mencegah khalwat. Dari hasil wawancara dengan narasumber faktor pendukungnya antara lain adanya kerja sama dari kepolisian, TNI, kejaksaan dan Provos kodim Aceh Singkil melalui Razia gabungan dan bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Dan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya anggaran, terbatasnya Sarana dan Prasarana, kurangnya personil, dan minimnya dukungan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Ade Syahreza Ade
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:47
Last Modified: 10 Oct 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33447

Actions (login required)

View Item
View Item