Pengelolaan Program Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 1 Banda Aceh

Nargis An-nazary, 190206022 (2023) Pengelolaan Program Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Program Full Day School dalam Pembentukan  Karakter Peserta Didik di MAN 1 Banda Aceh] Text (Pengelolaan Program Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 1 Banda Aceh)
Nargis An-nazary, 190206022, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Program full day school merupakan salah satu program sekolah yang dapat menunjang pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan program full day school di MAN 1 Banda Aceh. Program ini bertujuan membentuk katakter peserta didik lewat pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari kerja mulai pukul 07.30 - 16.30 WIB. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptis, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program full day school dalam pembentukan karakter peserta didik dimulai dengan penyusunan kalender akademik, pengkondisian lingkungan sekolah, penyusunan perangkat pembelajaran, dan penyusunan kurikulum, 2) Pelaksanaan program full day school dalam pembentukan karakter peserta didik dilakukan dengan kerjasama seluruh guru dan tenaga kependidikan, membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua peserta didik, menjalin hubungan harmonis antara guru dan peserta didik, pelaksanaan pengembangan diri peserta didik, dan pelaksanaan budaya sekolah, 3) monitoring program full day school dalam pembentukan karakter dilakukan dengan melakukan pendekatan dnegan peserta didik untuk mengetahui karakteristik peserta didik, evaluasi dilakukan dengan metode penilaian saat peserta didik melakukan aktivitas pada saat proses pembelajaran, refleksi dapat dilakukan oleh guru dan peserta didik dengan metode yang berbeda-beda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan agar dapat memperbaikinya. Program full day school berdampak positif terhadap pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan dan keteladan guru dan tenaga kependidikan. Adapun karakter yang terbentuk dengan adanya program full day school yaitu: kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, kejujuran, kemandirian, ketaatan, sopan santun, kerajinan, kebersihan dan kerapian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, full day school, dan pembentukan karakter peserta didik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nargis An-nazary
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:47
Last Modified: 10 Oct 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item
View Item