Penerapan Model Think Pair And Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik

Zulfiana, 160201187 (2023) Penerapan Model Think Pair And Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Think Pair And Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik] Text (Penerapan Model Think Pair And Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik)
Zulfiana, 160201187, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dalam bidang pembelajaran PAI menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan utama dalam pembelajaran PAI adalah kekurangannya pengunaan model pembelajaran terhadap materi yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Model pembelajaran Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, khususnya materi PAI dengan menggunakan model ini siswa menjadi mudah dalam pembelajaran dan menjadi lebih aktif. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pertayaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model think pair and share dalam pembelajaran PAI siswa kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik? (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa pada penerapan Model Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada kelas IV SD Negeri Bukit Monasik? (3) Apakah penerapan model think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik? Subjek penelitian skripsi ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bukit Baro Montasik berjumlah 17 orang. Adapun cara pengumpulan datanya melalui tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa dalam pembelajaran. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptis (persentase) dan rata-rata. Skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung 2 siklus. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus 1 80,3%. Dengan katagori baik, pada siklus II 87,5% baik. Aktivitas siswa pada siklus I 58%. pada siklus II 73%. Hasil belajar siswa siklus I 76%. . Sedangkan hasil belajar belajar siswa pada siklus II 87%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa materi pai melaui penerapan model think pair and share.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfiana Zulfiana
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:49
Last Modified: 10 Oct 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item
View Item