Studi Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Gampong Lhok Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya.

Jumaidil Rahmat, 170702097 (2023) Studi Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Gampong Lhok Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gampong Lhok, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Timbulan Sampah, Komposisi Sampah.] Text (Gampong Lhok, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Timbulan Sampah, Komposisi Sampah.)
Jumaidil Rahmat, 170702097, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat berdampak besar pada peningkatan timbulan sampah. Masalah yang dibahas dalam penelitian yaitu bagaimanakah tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah serta bagaimana timbulan sampah dan komposisi sampah domestik di Gampong Lhok Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dan mengetahui timbulan dan komposisi sampah Domestik di Gampong Lhok Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini dilakukan di Gampong Lhok Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya terhitung mulai Bulan Desember Tahun 2022 sampai Bulan Mei Tahun 2023. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat Gampong Lhok yang didapatkan berdasarkan pembagian kuisioner wawancara secara langsung yaitu partipasi masyarakat tergolong cukup buruk dengan nilai tertinggi nilai 31,08%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Gampong Lhok berdasarkan persepsi atau opini dari responden yang paling mendominasi disebabkan oleh variabel partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah secara langsung dengan nilai mean tertinggi yaitu sebesar 4,65 pada variabel pertanyaan membuat kerajinan dari barang bekas. Timbulan sampah yang dihasilkan pada Gampong Lhok yaitu sebanyak 0,41 kg/orang/hari atau 2,87 L/orang/hari. Rata-rata komposisi sampah yang dihasilkan pada timbulan sampah Gampong Lhok adalah Sampah Dapur (organik) sebanyak 3,33 kg/hari, kayu 2,37 kg/hari, plastik sebanyak 0,78 kg/hari, kertas sebanyak 1,07 kg/hari, kain/tekstil 0,12 kg/hari, gelas/kaca sebanyak 0,43 kg/hari, dan Karet/kulit sebanyak 0,10 kg/hari. Komposisi sampah yang terbanyak yaitu komponen Sampah Dapur (organik) disebabkan oleh pola konsumsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Jumaidil Rahmat Rahmat
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:01
Last Modified: 10 Oct 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33453

Actions (login required)

View Item
View Item