Penerapan Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan

Yuni Mirda Munika, 160210049 (2023) Penerapan Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan] Text (Penerapan Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan)
Revisi 4 SKRIPSI YUNI MIRDA MUNIKA SIDANG (JULI 2023)-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dihasilkan dari ucapan manusia, karena dengan adanya perkembangan bahasa semua orang bisa mengkomunikasi serta memaknai pesan yang disampaikan. Perkembangan bahasa anak di TK Al-Amin Aceh Selatan selama ini masih kurang, yaitu anak mengalami kesulitan dalam mengungkapkan serta memahami makna dari apa yang disampaikan guru, minimnya kosa kata, serta cara menanggapi perintah tidak dilaksanakan dengan sigap sesuai arahan, dan komplek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh t_hitung = 15,77 dan t_tabel =1,77, dengan derajat bebas (db) 23 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan permainan engklek dapat mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Al-Amin Desa Lawe Sawah Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Yuni Mirda Munika Yuni
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:15
Last Modified: 12 Oct 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33457

Actions (login required)

View Item
View Item