Pengaruh Permainan Kotak Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan

Samidar Fitri, 160210086 (2023) Pengaruh Permainan Kotak Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Kotak Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan] Text (Pengaruh Permainan Kotak Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan)
SKRIPSI SAMIDAR FITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Mengenalkan huruf kepada anak usia dini merupakan langkah awal yang penting dalam proses belajar membaca dan menulis. Pengembangan kemampuan mengenal huruf abjad bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan masih banyak yang belum sepenuhnya mengenal dan menyebutkan huruf alphabet secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kotak alphabet terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Baladil Amin Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design, yang kemudian di analisis dengan menggunakan uji t. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi anak. Sampel penelitian ini berjumlah 16 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi nilai rata-rata kemampuan anak sebesar 2,25 atau dari nilai rata-rata sebelumnya 6,19 menjadi lebih baik yaitu sebesar 8,44. Selanjutnya, berdasarkan statistik dengan menggunakan uji t-test juga terlihat terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan mengenal huruf pada anak, dengan nilai t hitung 10,509 dan ini lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,131. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan kotak alphabet berpengaruh signifikan pada kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Baladil Amin Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Samidar Fitri Samidar
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:15
Last Modified: 12 Oct 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item
View Item