Konsep Keuramat dalam Kehidupan Masyarakat (Konstruksi dan Implikasi Sosial Terhadap Kekeramatan Abu Usman Teuga di Desa Peulanteu Kabupaten Aceh Barat)

Nasrullah, 180305042 (2023) Konsep Keuramat dalam Kehidupan Masyarakat (Konstruksi dan Implikasi Sosial Terhadap Kekeramatan Abu Usman Teuga di Desa Peulanteu Kabupaten Aceh Barat). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Konsep Keuramat dalam Kehidupan  Masyarakat (Konstruksi dan Implikasi Sosial Terhadap Kekeramatan Abu Usman Teuga di Desa Peulanteu Kabupaten Aceh Barat)] Text (Konsep Keuramat dalam Kehidupan Masyarakat (Konstruksi dan Implikasi Sosial Terhadap Kekeramatan Abu Usman Teuga di Desa Peulanteu Kabupaten Aceh Barat))
Nasrullah, 180305042, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Ulama adalah hamba yang istimewa karena kedekatannya kepada Allah SWT. Dari kedekatan itu mereka para Ulama memperoleh keistimewaan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Abu Usman Teuga yang di kenal oleh masyarakat sebagai ulama yang mempunyai kelebihan teuga, Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekeramat Abu Usman Teuga dan bagaimana implikasi dan kontruksi sosial kekeramatan Abu Usman Teuga di Desa Peulanteu. Peneletian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian lapangan (field research) dengan sumber data dari hasil wawancara dengan masyarakat dan para tokoh setempat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Aceh Barat mengakui bahwa ada Ulama yang mempunyai kelebihannya. bergitu juga dengan Abu Usman Teuga, masyarakat Aceh Barat khususnya di Desa peulanteu mempercayai akan bahwa ia seorang ulama yang taat dengan Allah SWT sehingga ia memiliki kelebihan yang Allah berikan kepadanya. Keyakinan masyarakat didorong oleh beberapa kejadian yang luar biasa pada Abu Usman Teuga yang di percayai hal tersebut merupakan keuramat yang bernilai spiritual yang di anugerakan oleh Allah kepadanya. Implikasi Abu Usman Teuga dalam sosial keagamaan memang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Ia merupakan seorang yang sangat pendiam, sehingga umat perlu pemahaman yang lebih dari semua tingkah dan perkataannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nasrullah Nasrullah
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:43
Last Modified: 11 Oct 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33470

Actions (login required)

View Item
View Item