Implemenstasi Metode Game Based Learning Pada Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di TPQ Raudhatul Qur’an Tungkop Aceh Besar

Rahmayanti, 190201143 (2023) Implemenstasi Metode Game Based Learning Pada Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di TPQ Raudhatul Qur’an Tungkop Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implemenstasi Metode Game Based Learning Pada Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di TPQ Raudhatul Qur’an Tungkop Aceh Besar] Text (Implemenstasi Metode Game Based Learning Pada Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di TPQ Raudhatul Qur’an Tungkop Aceh Besar)
Rahmayanti, 190201143, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik saat berlangsungnya proses belajar mengajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran, karena dapat mempengaruhi jalannya kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di TPQ Raudhatul Qur’an menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum berjalan secara maksimal dan pembelajaran masih terlihat monoton sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Salah satu penyebabnya dikarenakan kurangnya inovasi dalam pembelajaran termasuk metode yang digunakan, sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode game based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas TPA yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 63,15% dan pada siklus II 88,15%, sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 57,89% dan pada siklus II 86,84%. Adapun hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 69,2% dan pada siklus II 83,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode game based learning dapat meningkatkan aktivitas guru, peserta didik dan hasil belajar peserta didik di TPQ Raudhatul Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmayanti Rahma
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:59
Last Modified: 11 Oct 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33473

Actions (login required)

View Item
View Item