Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube Sebagai Sarana Belajar Fikih Terhadap Prestasi Siswa MTsN 4 Banda Aceh

Tiara Rezeki, 190201099 (2023) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube Sebagai Sarana Belajar Fikih Terhadap Prestasi Siswa MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube Sebagai Sarana Belajar Fikih Terhadap Prestasi Siswa MTsN 4 Banda Aceh] Text (Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial YouTube Sebagai Sarana Belajar Fikih Terhadap Prestasi Siswa MTsN 4 Banda Aceh)
SKRIPSI TIARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Konteks pembelajaran YouTube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana pengajaran. Adanya platform video sharing memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari secara mandiri dan berbagi informasi berupa ilmu pengetahuan dan praktek. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana implementasi pemanfaatan YouTube sebagai sumber belajar Fikih di MTsN 4 Banda Aceh? 2) Bagaimana prestasi siswa sebelum menggunakan media sosial YouTube sebagai pembelajaran Fikih siswa di MTsN 4 Banda Aceh? 3) Adakah pengaruh media sosial YouTube sebagai sarana belajar Fikih terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 4 Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun hasil penelitian yaitu 1) Implementasi atau tindakan pertama yang dilakukan sebelum melaksanakan proses pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran pada tema belajar tentang “Shalat Sunnah Muakkad dan Ghairu Muakkad” kemudian mencari dan menentukan video tentang tema belajar tersebut pada link YouTube yang akan digunakan sebagai sumber belajar yaitu https://youtube.be/NT3Ea0vjd0M?si=FPpDpPvtPvLW-6NI. 2) Preistasi siswa sebelum menggunakan YouTube menunjukkan masih banyak nilai siswa di bawah kriteiria keituntasan minimal (KKM) 70. Serta memiliki kendala-kendala saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, pemanfaatan ini menjadi penting digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Nilai rata-rata pada kelas yang diberi perlakuan media sosial YouTube yaitu 76,09 dan nilai rata-rata pada kelas yang tidak diberi perlakuan media sosial YouTube yaitu 63,13, dimana kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Dengan nilai uji hipotesis thitung >ttabel dimana 7,43 > 1,99 dengan demikian Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial YouTube sebagai sarana belajar Fikih terhadap prestasi siswa di MTsN 4 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tiara Rezeki Tiara
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:54
Last Modified: 12 Oct 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33491

Actions (login required)

View Item
View Item