Analisis Kadar Abu Dan Kadar Glukosa Pada Beras Daerah Pegunungan Dengan Pesisir Aceh Menggunakan Metode Spektrofotometri UV/VIS

Iko Rafinda, 180208082 (2023) Analisis Kadar Abu Dan Kadar Glukosa Pada Beras Daerah Pegunungan Dengan Pesisir Aceh Menggunakan Metode Spektrofotometri UV/VIS. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kadar Abu Dan Kadar Glukosa Pada Beras Daerah Pegunungan Dengan Pesisir Aceh Menggunakan Metode Spektrofotometri UV/VIS] Text (Analisis Kadar Abu Dan Kadar Glukosa Pada Beras Daerah Pegunungan Dengan Pesisir Aceh Menggunakan Metode Spektrofotometri UV/VIS)
IKo Rafinda, 180208082, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Glukosa merupakan monosakarida utama yang terdapat dalam makanan. Glukosa dan kadar abu sangat mempengaruhi baik dan tidaknya untuk di konsumsi bagi penderita diabetes mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar abu dan kadar glukosa pada beras daerah pegungan dengan pesisir Aceh menggunakan metode spektrofotometri UV/VIS. Penelitian kadar abu sampel yang digunakan 3 sampel, dengan varietas beras yang berbeda. Nilai kadar abu yang terukur untuk beras daerah pegunungan, beras dari Aceh Tengah nilai kadar abu terukur 0,236% dan Bener Meriah nilai kadar abu terukur 0,0126%. Sedangkan dari daerah pesisir beras dari Pidie Jaya nilai kadar abu terukur 0,0287%. Glukosa nasi yang diukur mengunakan spektronik-20, nasi yang telah dihaluskan ditambah akuades, dilarutkan dan dihomogenkan. Larutan nasi ditambah fenol 5% kemudian ditambah 2 mL asam sulfat pekat. Fungsi penambahan fenol 5% dan asam sulfat pekat untuk membentuk cincin metil furfural, sehingga larutan dapat diserap pada panjang gelombang 450 nm. Glukosa yang terukur pada daerah pegunugan beras dari Aceh Tengah 20,917,85%, beras dari Bener Meriah 18,453,55%. Sedangkan beras daerah pesisir beras dari pidie jaya 23,917,55%. Hasil penelitian kadar abu dan kadar glukosa beras daerah pegungan dengan pesisir Aceh, menunjukan nilai kadar abu, dan nilai kadar glukosa tidak tinggi, sesui dengan Panduan Indeks Glikemik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Iko Rafinda
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:09
Last Modified: 13 Oct 2023 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33504

Actions (login required)

View Item
View Item