Uji Kinerja Sensor Ph Optik Berbasis Membran Komplek Polielektrolit (PEC) Pektin-Uretan Dengan Kombinasi Antosianin Dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.)

Ade Wahida Paradila, 190704014 (2023) Uji Kinerja Sensor Ph Optik Berbasis Membran Komplek Polielektrolit (PEC) Pektin-Uretan Dengan Kombinasi Antosianin Dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Uji Kinerja Sensor Ph Optik Berbasis Membran Komplek Polielektrolit (PEC) Pektin-Uretan Dengan Kombinasi Antosianin Dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.)] Text (Uji Kinerja Sensor Ph Optik Berbasis Membran Komplek Polielektrolit (PEC) Pektin-Uretan Dengan Kombinasi Antosianin Dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.))
Ade Wahida Paradila, 190704014, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L.) adalah salah satu jenis ubi jalar yang banyak ditemui di Indonesia. Antosianin merupakan senyawa organik yang mempunyai sifat larut dalam air dan dapat menghasilkan zat warna alami. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja sensor pH optik berbasis PEC pektin-uretan dengan kombinasi antosianin dari ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L.). Sensor pH ini dirancang untuk mengukur perubahan pH dengan menggunakan membran PEC sebagai lapisan sensitif yang dapat berinteraksi dengan perubahan pH. Metode sintesis membran PEC pektin-uretan dilakukan dengan menggabungkan pektin-uretan melalui proses polimerisasi. Antosianin dari ubi jalar ungu ditambahkan ke dalam membran PEC untuk meningkatkan respon sensor terhadap perubahan pH. Pengujian dilakukan dalam rentang pH 5-9. Berdasarkan hasil penelitian ini maka konsentrasi optimum dari antosianin diperoleh pada variasi 4%. Dengan waktu respon stabil pada menit ke 10, nilai reprodusibilitas sebesar 7,40% dan waktu hidup selama 10 hari. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sensor pH optik berbasis membran PEC dengan kombinasi antosianin dari ipomoea batatas L menunjukkan kinerja yang baik rentang linier pH basa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ntosianin, Ubi jalar ungu (ipomoea batatas L.), Membran PEC
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Ade Wahida Paradila
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:11
Last Modified: 14 Dec 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item
View Item