Pengaruh Transparansi Terhadap Kepuasan Muzakki Menyalurkan Zakat Pada Baitul Mal Aceh (Studi Kajian Pada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry)

M. Fauzal Fadhil, 140602069 (2023) Pengaruh Transparansi Terhadap Kepuasan Muzakki Menyalurkan Zakat Pada Baitul Mal Aceh (Studi Kajian Pada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Transparansi Terhadap  Kepuasan Muzakki Menyalurkan Zakat Pada Baitul Mal Aceh (Studi Kajian Pada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry)] Text (Pengaruh Transparansi Terhadap Kepuasan Muzakki Menyalurkan Zakat Pada Baitul Mal Aceh (Studi Kajian Pada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry))
M. Fauzal Fadhil, 140602069, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari transparansi terhadap kepuasan muzakki yang menyalurkan zakat pada Baitul Mal Aceh Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 orang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang menjadi muzakki pada Baitul Mal Aceh. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui pengisian kuesioner yang telah disediakan. Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil regresi diperoleh persamaan Y = 5,349 + 0,3x + e yang berarti jika transparansi naik sebesar 1 satuan maka kepuasan muzakki akan naik sebesar 0,3 atau sebesar 30% dan sebaliknya apabila transparansi turun sebesar 1 satuan maka kepuasan muzakki akan turun sebesar 0,3 atau sebesar 30%. Kemudian diperoleh t hitung transparansi sebesar 5,542 dengan signifikansi t bernilai 0,000 (signifikan) dan koefisien regresi sebesar 0,3. Hal ini berarti bahwa transparansi dapat dikatakan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transparansi, Kepuasan Muzakki, Baitul Mal Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Fauzal Fadhil
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:29
Last Modified: 16 Oct 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33514

Actions (login required)

View Item
View Item