Analisis Pendapatan Istanbul Doner Kebab di Banda Aceh Pada Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Heri Rusmadi, 170602034 (2023) Analisis Pendapatan Istanbul Doner Kebab di Banda Aceh Pada Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pendapatan Istanbul Doner Kebab di Banda Aceh Pada Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Ekonomi Syariah] Text (Analisis Pendapatan Istanbul Doner Kebab di Banda Aceh Pada Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Ekonomi Syariah)
Heri Rusmadi, 170602034, FEBI, ES, 082254314619.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Istanbul Doner Kebab merupakan Usaha Miko Kecil dan Menengah (UMKM) yang terletak di daerah Pango, Banda Aceh yang telah berdiri sejak tahun 2018. Istanbul Doner Kebab didirikan oleh Huseyin Özturk yang merupakan salah satu warga kelahiran Turki. Pandemi COVID-19 merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penurunan pendapatan UMKM di Indonesia. Istanbul Doner Kebab merupakan salah satu UMKM yang terkena dampak atas pandemi COVID-19 tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pendapatan Istanbul Doner Kebab yang di Kota Banda Aceh masa pandemi COVID-19 dalam perspektif ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengobservasi, dokumentasi, serta melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa UMKM Istanbul Doner Kebab dapat memberikan kesejahteraan bagi pelaku UMKM dan juga sudah memenui indikator kesejahteraan walaupun ditengah-tengah terjadinya pandemi COVID-19. Selain itu, proses produksi yang dilakukan oleh UMKM Istanbul Doner Kebab memenuhi kriteria yang diterapkan syariat Islam yaitu dengan menggunakan bahan baku yang halal dan langkah produksi yang dilakukan tidak melanggar aturan yang berlaku saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, UMKM, Kesejahteraan, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Heri Rusmadi Heri
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:38
Last Modified: 16 Oct 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item
View Item