Potensi Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) Dibandingkan Dengan Pupuk Anorganik Ab Mix Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca Sativa) Secara Hidroponik Teknik DFT (Deep Flow Technique)

Saviatuddin, 180703009 (2023) Potensi Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) Dibandingkan Dengan Pupuk Anorganik Ab Mix Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca Sativa) Secara Hidroponik Teknik DFT (Deep Flow Technique). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Potensi Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca) Dibandingkan Dengan Pupuk Anorganik Ab Mix Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa) Secara Hidroponik Teknik DFT (Deep Flow Technique)] Text (Potensi Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca) Dibandingkan Dengan Pupuk Anorganik Ab Mix Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa) Secara Hidroponik Teknik DFT (Deep Flow Technique))
SKRIPSI_saviatuddin 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kulit pisang masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, oleh sebab itu salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengolahnya menjadi pupuk organik. Salah satu cara bercocok tanaman selada bisa dilakukan secara hidroponik teknik DFT Deep Flow Technique). Penerapan teknik hidroponik akan menghasilkan selada dengan kualitas sayur yang baik dan nilai jual yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kulit pisang sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan selada (Lactuca sativa) secara hidroponik teknik DFT (Deep Flow Technique). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Febuari - 15 Maret 2023 di kebun biologi (Green house) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Analisis data yang dilakukan menggunakan SPSS dengan Uji Indenpendent Samples T-Test. dan Uji Mann-whitney dengan 2 perlakuan yaitu menggunakan AB mix dan POC kulit pisang. Berdasarkan analisis data diperoleh dari tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, berat basah, dan panjang akar memilki nilai Sig <0,05 yaitu 0,00 yang berarti terdapat perbedaan signifikan terhadap parameter pada tanaman dengan pemberian AB mix dan juga POC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Saviatuddin Via
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:06
Last Modified: 16 Oct 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33527

Actions (login required)

View Item
View Item