Alat Pengusir Hama Burung Berbasis Motor Listrik Menggunakan Panel Surya Di Persawahan Desa Gunong Panah Aceh Barat

Rezki Mardiani Fahlevi, 180211097 (2023) Alat Pengusir Hama Burung Berbasis Motor Listrik Menggunakan Panel Surya Di Persawahan Desa Gunong Panah Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Alat Pengusir Hama Burung Berbasis Motor Listrik Menggunakan Panel Surya Di Persawahan Desa Gunong Panah Aceh Barat] Text (Alat Pengusir Hama Burung Berbasis Motor Listrik Menggunakan Panel Surya Di Persawahan Desa Gunong Panah Aceh Barat)
Rezki Mardiani Fahlevi, 180211097, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pertanian menjadi sumber penghasil berupa bahan pangan yang sangar besar di Indonesia, persawahan juga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. saat musim panen tiba petani mengalami kerugian akibat hama burung yang menyerang padi secara berkelompok sehingga petani merasa rugi akibat dari serangan hama tersebut. Penelitian ini dirancang untuk memudahkan petani dalam mengusir hama burung di persawahan tanpa harus menjaga area persawahan dari pagi hingga sore hari. Beberapa perangkat digunakan dalam penelitian ini diantaranya Mikrokontroler sebagai komponen pengontrol, panel surya sebagai sumber pemasukan arus dan motor listrik dc sebagai penggerak. Adapun sensor yang digunakan sebagai pendeteksi hama burung adalah sensor PIR, sensor ini akan membaca pergerakan dari burung melalui pancaran infrared yang dihasilkan oleh burung. Prinsip kerja alat ini adalah diterapkan pada area persawahan dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber untuk menghidupkan komponen mikrokontroler lainya. Hasil yang didapati pada percobaan yang telah dilakukan dengan kesuksesan rata – rata akhir sebanyak 78,33 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rezki Mardiani Fahlevi
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:04
Last Modified: 16 Oct 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item
View Item