Misi Wali Kota Banda Aceh Dalam Mewujudkan Masyarakat Gemilang

Hanif Saputra Rahmatillah, 150403022 (2023) Misi Wali Kota Banda Aceh Dalam Mewujudkan Masyarakat Gemilang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Misi Wali Kota Banda Aceh Dalam Mewujudkan Masyarakat Gemilang] Text (Misi Wali Kota Banda Aceh Dalam Mewujudkan Masyarakat Gemilang)
Hanif Saputra Rahmatillah, 150403022, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Misi Wali Kota Banda Aceh Dalam Mewujudkan Masyarakat Gemilang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan misi wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksaanaan syari’at Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak dan ibadah dan untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penerapan misi wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksaan pelaksananan syari’at Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak dan ibadah. Serta untuk menegetahui keberhasilan dan hambatan misi wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksanaan syariat Islam dalam bidang penguatan aqidah akhlak dan ibadah. Penelitian besifat deskriptif mengunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi di lokasi penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Misi Wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksanaan syari’at Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak dan ibadah. Dalam penerapan Misi Wali Kota Banda Aceh ini beliau lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dan keimanan kepada Allah Swt. Adapun peluang dan tantangan dalam penerapan misi Wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksanaan Syari’at Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak dan ibadah, yakni peluang bersumber dari Masyarakat itu sendiri agar mau partisipasi dalam menjalankan syariat Islam dan tantangan yang dihadapi oleh pihak dinas syariat Islam kurangnya tenaga kerja, tidak tersedia dengan cukup karena banyaknya item pekerjaan tentu membutuhkan personil yang banyak, dan juga minimnya masalah pendanaan. Sedangkan keberhasilan dan hambatan misi Wali Kota Banda Aceh dalam meningkatkan pelaksanaan Syariat Islam dalam bidang penguatan aqidah akhlak dan ibadah. Keberhasilan tersebut diantaranya diadakannya zikir gemilang, Safari dakwah daiyah Jum’at, Dakwah Daiyah Ramadhan, Dakwah Simpatik, Dakwah Warung Kopi, Safari Dakwah Sekolah-sekolah. dengan begitu masyarakat Kota Banda Aceh lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Adapun hambatan berupa kurangnya partisipasi dari pihak masyarakat dan tantangan yang dihadapi walikota dalam penerapan untuk meningkatkan pelaksaan syari’at Islam diantaranya ada beberapa hambatan misalnya terutama dalam suasana Covid-19 banyak kegiatan yang terhambat dan di cancle, di samping itu juga Covid-19 ini juga membutuhkan dana yang besar sehingga banyak dana dan kegiatan terkuras untuk membiayai penanganan Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Hanif Saputra Rahmatillah Hanif
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:43
Last Modified: 17 Oct 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item
View Item