Penerapan Metode Menghafal dan Hambatannya Dalam Pembelajaran Alquran di SD IT Daarul Quran Al Aziziyah Lamtemen Timur Banda Aceh

Taufik Abdullah, 190303133 (2023) Penerapan Metode Menghafal dan Hambatannya Dalam Pembelajaran Alquran di SD IT Daarul Quran Al Aziziyah Lamtemen Timur Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode, Kendala dan Upaya Guru, Pengaruh Latar Belakang Orang Tua] Text (Metode, Kendala dan Upaya Guru, Pengaruh Latar Belakang Orang Tua)
Taufik Abdullah, 190303133, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Saat ini, belajar dan menghafal Alquran telah menjadi program yang signifikan dan mendapat perhatian besar dalam masyarakat. Metode menghafal Alquran yang efektif menjadi kunci dalam memastikan siswa dapat mencapai tujuan menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode menghafal Alquran dan mengidentifikasi hambatan serta upayanya dalam pembelajaran serta melihat pengaruh latar belakang orang tua terhadap keberhasilan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 guru tahfiz, 4 siswa, 3 di antaranya tidak mencapai target dan 1 mencapai target dan perwakilan dari 2 orang tua siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah teknik purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang menjadi fokus penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dalam menganalisis data. Meskipun beberapa metode menghafal Alquran telah memberikan manfaat, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala dalam penerapannya. Kendala-kendala tersebut meliputi kurangnya pendampingan orang tua, rasa bosan siswa, perbedaan daya ingat, dan pemahaman orang tua yang kurang, kedispilinan anak ketika proses menghafal dan keterbatasan waktu orang tua dengan anak juga menjadi tantangan. Adapun upaya-upaya yang dilakukan ialah untuk mengatasi kendala tersebut melibatkan motivasi siswa, penjelasan pentingnya menghafal Alquran, melibatkan orang tua, sistem reward dan punishment, evaluasi berkala, dan kerjasama antara guru dan orang tua. Kemudian, latar belakang orang tua juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap metode belajar dan menghafal Alquran di sekolah. Faktor-faktor seperti pendidikan orang tua, kepekaan terhadap Alquran, lingkungan di rumah, dan ketersediaan waktu orang tua terhadap anak dapat mempengaruhi penerapan metode tersebut. Orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan Alquran cenderung lebih memahami dan mendukung penghafalan Alquran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.2 Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Taufik Abdullah Taufik
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:58
Last Modified: 20 Oct 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33540

Actions (login required)

View Item
View Item