Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Syiah Utama 2 Bener Meriah)

Asri Salsabila, 180603153 (2023) Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Syiah Utama 2 Bener Meriah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kredit Usaha Rakyat, Kelayakan Nasabah, Bank Syariah Indonesia] Text (Kredit Usaha Rakyat, Kelayakan Nasabah, Bank Syariah Indonesia)
Asri Salsabila, 180603153, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam memberikan pembiayaan dibutuhkan analisis yang mendalam agar pembiayaan bermasalah dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat Mikro pada Bank Syariah Indonesia KCP Syiah Utama 2 Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif bersumber dari wawancara yang dilakukan langsung dengan staff micro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor usaha yang paling banyak mengajukan pembiayaan KUR Mikro pada BSI KCP Syiah Utama 2 Bener Meriah adalah sektor pertanian dan perkebunan, selanjutnya kriteria nasabah yang diterima pada pembiayaan KUR Mikro adalah nasabah yang lulus pada analisis 5C sedangkan nasabah yang ditolak adalah yang tidak memenuhi salah satu dari prinsip 5C, dan kendala yang dihadapi dalam pemberian pembiayaan berasal dari faktor eksternal yang berupa kurangnya pemahaman nasabah terhadap pembiayaan yang diajukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Asri Salsabila Bella
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:48
Last Modified: 17 Oct 2023 04:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33542

Actions (login required)

View Item
View Item