Penerapan Permainan Monopoli Melalui Layanan Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh

Siti Hawa, 19021052 (2023) Penerapan Permainan Monopoli Melalui Layanan Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Permainan Monopoli Melalui Layanan Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh] Text (Penerapan Permainan Monopoli Melalui Layanan Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh)
siti hawa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Monopoli merupakan permainan yang dimainkan lebih dari satu orang dimana permainan ini sama halnya seperti permainan monopoli secara umum akan tetapi pada permainan monopoli ini berisikan pembahasan materi tentang efikasi diri. SMP Negeri 6 Banda Aceh merupakan sekolah yang bagus, akan tetapi masih kurang dalam penggunaan media pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu siswa memerlukan peningkatan metode pembelajaran berupa media yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran secara baik. Peneliti menerapkan media monopoli untuk membantu siswa dalam meningkatkan efikasi diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efikasi diri siswa kelas VII.6 SMP Negeri 6 Banda Aceh Aceh, Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian one group pre tes - post tes. Populasi siswa kelas VII 6 SMP Negeri 6 Banda Aceh berjumlah 30 siswa, sedangkan sampel sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pembagian angket/ kuesioner. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efikasi diri siswa dari kategori rendah sebelum penerapan permainan monopoli efikasi diri, menjadi tinggi setelah penerapan permainan monopoli efikasi diri. Hal ini dapat di perkuat dengan nilai signifikansi thitung sebesar 44,014 dan ketentuan ttabel 2.051. Artinya penerapan permainan monopoli efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas VII 6 SMP Negeri 6 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Hawa Siti
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:19
Last Modified: 18 Oct 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33548

Actions (login required)

View Item
View Item