Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV Di MIN 29 Aceh Besar

Intan Saida, 190201152 (2023) Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV Di MIN 29 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV Di MIN 29 Aceh Besar] Text (Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Hukum Tajwid Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV Di MIN 29 Aceh Besar)
Intan Saida, 190201152, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan rancangan kegiatan pembelajaran guru dalam proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang efektif. Dalam proses pembelajaran terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar, oleh karena itu setiap guru dituntut untuk memiliki strategi yang sesuai dalam mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Hukum Tajwid pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV di MIN 29 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi hukum tajwid di MIN 29 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Hukum Tajwid pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 29Aceh Besar dapat ditemukan Bahwa: 1) Privat atau jam tambahan diluar jam sekolah. Privat ini sendiri diadakan tanpa memungut biaya tambahan. Ini semata-mata dilakukan sebagai strategi yang diadakan sekolah untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa sehingga siswa dapat belajar lebih khusus pada suatu materi pembelajaran. 2) Mengulang materi di rumah, dalam hal ini guru memberitahukan mengenai materi yang sedang atau telah dipelajari dalam grup wali murid, agar orang tua ikut serta berpartisipasi dalam memantu mengayomi anaknya, 3) Membagikan potongan ayat, dengan memberikan perpotongan ayat maka siswa akan lebih mudah belajar memahami hukum tajwid. 4) Media yang menarik, seperti powerpoint dan vidio pembelajaran yang menjadikan proses belajar menjadi lebih menarik. Juga penyampaian materi secara verbal, penyampaian materi secara verbal ini disebut dengan ceramah, dengan adanya ceramah siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh guru siswa memiliki bayangan mengenai materi yang akan dipelajari. 5) Metode dan model pembelajaran yang bervariasi, dengan menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran yang sesuai akan memudahkan siswa mengerti dan memahami materi pelajararan tersebut. Guru Al-Qur’an Hadits harus memiliki strategi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Saida
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:52
Last Modified: 18 Oct 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33565

Actions (login required)

View Item
View Item