Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana di SMP/MTs

Nuraiyan, 180204095 (2023) Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana di SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan, Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Usaha dan Pesawat Sederhana] Text (Pengembangan, Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Usaha dan Pesawat Sederhana)
Nuraiyan, 180204095, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini adalah bertujuan untuk mendesain modul berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk mengetahui kelayakan modul berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap terakhir yaitu tahap menguji coba (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi pembelajaran dan media pembelajaran. (1) Desain modul IPA berbasis kearifan lokal dilengkapi, muatan kearifan lokal, materi, LKPD, uji kompetensi berbasis UNBK, gambar dan ilustrasi yang menarik perhatian peserta didik. (2) Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media pembelajaran mendapatkan presentase kelayakan 85% berkategori sangat layak, dan dari validasi ahli materi pembelajaran mendapatkan presentase kelayakan 85,1% berkategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis kearifan lokal pada materi usaha dan pesawat sederhana di SMP/MTs dikategorikan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nuraiyan Rayan
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:06
Last Modified: 18 Oct 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item
View Item