Analisis Ketersediaan Jenis Koleksi Fiksi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie

Merry Soraiya, 180503135 (2023) Analisis Ketersediaan Jenis Koleksi Fiksi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Ketersediaan Jenis Koleksi Fiksi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie] Text (Analisis Ketersediaan Jenis Koleksi Fiksi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie)
Merry Soraiya, 180503135, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Ketersediaan Jenis Koleksi Fiksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie seharusnya dapat mengikuti Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Nomor 12 Tahun 2017 dalam menyediakan koleksi fiksi, namun didapati di lapangan bahwa koleksi fiksi yang ada belum memenuhi SNP sehingga peneliti ingin melihat sebenarnya bagaimana ketersediaan koleksi fiksi disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ketersediaan jenis koleksi fiksi yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi ketersediaan koleksi fiksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang pustakawan dan 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi fiksi yang tersedia di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie masih dikatakan belum beragam. Adapun jenis koleksi fiksi yang tersedia yaitu novel, komik, cerpen, cerita bergambar dan puisi. Ketersediaan koleksi fiksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie berjumlah 175 judul dengan 1.911 eksemplar. Jika merujuk pada Standar Nasional Perpustakaan nomor 12 tahun 2017 terhadap jumlah koleksi fiksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie belum memenuhi standar dengan jumlah 18 rombongan belajar maka ketersediaan koleksi fiksi yang seharusnya tersedia sebanyak 600 judul, dengan demikian Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie hanya memenuhi 8,75% Standar ketersediaan koleksi fiksi dan kekurangan 425 judul. Adapun faktor yang mempengaruhi ketersediaan koleksi fiksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pidie yaitu kurangnya dana, lamanya waktu pengiriman koleksi fiksi, kurangnya jumlah judul koleksi fiksi yang dikirim, dan koleksi fiksi yang hilang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Merry Soraiya Merry
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:57
Last Modified: 20 Oct 2023 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33583

Actions (login required)

View Item
View Item