Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis pada Siswa MTs

Sri Mulyani, 180205014 (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis pada Siswa MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keefektifan,  Model  Pembelajaran  Discovery  Learning, Kemampuan Representasi Matematis] Text (Keefektifan, Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis)
Sri Mulyani, 180205014, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan proses yang penting untuk mengembangkan kemampuan berfikir matematis siswa. Namun, pada kenyataannya fakta lapangan menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa, yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-11 MTsN 1 Banda Aceh yang berjumlah 37 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Studi. Instrumen yang digunakan untuk proses pengumpulan data adalah hasil tes kemampuan representasi matematis siswa, lembar observasi kemampuan guru mengajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan persentase dan deskripsi skor rata-rata sehingga diperoleh informasi tentang tes kemampuan representasi matematis siswa, kemampuan guru mengajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Untuk mengukur efektifnya suatu pembelajaran dapat didasari pada (1) Hasil tes pembelajaran, (2) Kemampuan guru mengajar, (3) Aktivitas siswa, (4) Respon siswa. Apabila tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek hasil tes terpenuhi, maka pembelajaran dengan model Discovery Learning dikatakan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dikarenakan, (1) hasil tes kemampuan representasi matematis siswa tinggi, 2) kemampuan guru mengajar berada pada kategori baik atau sangat baik, (3) aktivitas siswa aktif, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Mulyani Sri
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:57
Last Modified: 20 Oct 2023 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33586

Actions (login required)

View Item
View Item