Pembinaan Perilaku Menyimpang Melalui Pembelajaran Aqidah-Akhlak Di MAN 1 Gayo Lues

Yuni Karlinda, 140201012 (2019) Pembinaan Perilaku Menyimpang Melalui Pembelajaran Aqidah-Akhlak Di MAN 1 Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Perilaku Menyimpang Melalui Pembelajaran  Aqidah-Akhlak Di MAN 1 Gayo Lues] Text (Pembinaan Perilaku Menyimpang Melalui Pembelajaran Aqidah-Akhlak Di MAN 1 Gayo Lues)
Yuni Karlinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku menyimpang adalah semua tingkah laku yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku dalam masyarakat (norma, etika, agama, peraturan sekolah, dan keluarga. Seperti halnya yang terjadi pada siswa MAN 1 Gayo Lues bahwa masih ada siswa yang masih melanggar tata tertib sekolah, berperilaku tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, suka menyontek, membolos dan lain-lain. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menangani perilaku menyimpang pada peserta didik di MAN 1 Gayo Lues. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis mengunakan jenis penelitian lapangan (field reseach), yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner angket. adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan Sejalan dengan hasil angket yang diberikan kepada siswa masih terdapat bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang muncul di kalangan siswa (33, 95%) khususnya di MAN 1 Gayo Lues seperti tidak melaksanakan tugas piket, membeli makanan/minum di luar kantin sekolah pada saat jam sekolah, makan di kelas saat mengikuti pelajaran, mencontek saat ujian, berpakaian tidak rapi, datang terlambat ke sekolah, tidak pernah memberi keterangan saat tidak hadir, membuat keributan saat belajar, merokok, dan membuang sampah di lingkungan sekolah. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru Akhidah akhlak yaitu kurangnya waktu untuk membimbing siswa secara individu, ada siswa yang menentang dan melawan guru. Upaya guru akhidah akhlak yang dilakukan dalam mencegah perilaku menyimpang pada siswa kelas XI MAN 1 Gayo Lues bermacam-macam dan bervariasi menurut kebutuhan materi dan kondisi siswa yang diajarkan. Upaya guru dalam menanggulangi parilaku menyimpang yang lazim digunakan yaitu melalui bimbingan, nasehat dan di beri peringatan kepada siswa-siswi untuk melakukan perilaku yang baik sebagaimana yang diajarkan dalam ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuni Karinda Yuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:56
Last Modified: 20 Oct 2023 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33588

Actions (login required)

View Item
View Item