Pengembangan Usaha Keramba Jaring Apung Dalam Menunjang Wisata Bahari Gampong Ulee Lheue Kota Banda Aceh

Tamala Azizah, 190404072 (2023) Pengembangan Usaha Keramba Jaring Apung Dalam Menunjang Wisata Bahari Gampong Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengembangan Usaha Keramba Jaring Apung Dalam Menunjang Wisata Bahari Gampong Ulee Lheue  Kota Banda Aceh] Text (Pengembangan Usaha Keramba Jaring Apung Dalam Menunjang Wisata Bahari Gampong Ulee Lheue Kota Banda Aceh)
Tamala Azizah, 190404072, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengembangan Usaha Keramba Jaring Apung Dalam Menunjang Wisata Bahari Gampong Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Keramba jaring apung Ulee Lheue dibangun pada tahun 2015 di kawasan wisata bahari oleh sekelompok nelayan. Keramba jaring apung dibangun bukan hanya sekedar tempat budidaya ikan saja. Tetapi, para kelompok nelayan memanfaatkan keramba sebagai destinasi wisata bahari yang baru dan memiliki keunikannya tersendiri yaitu dengan membuat keramba jaring apung sebagai tempat kuliner karena budaya dan keindahan alam saja tidak cukup untuk menarik perhatian para wisatawan. Sentuhan kreatifitas dan inovasi budidaya ikan dalam keramba jaring apung yang dikombinasikan dengan wisata kuliner seperti ini yang diperlukan untuk menunjang wisata bahari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat bagaimana proses pengembangan usaha keramba jaring apung dalam menunjang wisata bahari di gampong Ulee Lheue kota Banda Aceh dan (2) bagaimana perkembangan wisata bahari melalui usaha Keramba Jaring Apung Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan usaha dalam menunjang wisata bahari diawali dengan melakukan studi kelayakan, regulasi perizinan, Pengembangan inovasi, sumber daya manusia, operasional budidaya, pemasaran atau promosi dan evaluasi perbaikan menjadi poin penting dalam proses pengembangan usaha keramba jaring apung dalam menunjang wisata bahari. Perkembangan wisata bahari melalui usaha Kja yaitu adanya penambahan daya tarik pada kawasan bahari Ulee Lheue karena keberadaan Kja Selain tempat budidaya juga sebagai wisata kuliner. Selain itu menambah aspek edukasi dan pendidikan pada kawasan wisata bahari. Kemudian pengembangan inovasi dilakukan agar terciptanya pengembangan ekonomi lokal dan penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tamala Azizah
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:54
Last Modified: 20 Oct 2023 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item
View Item