Tantangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Komplek Perumahan Cinta Kasih Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar (Studi Pada Program Pemilahan Sampah Yayasan Buddha Tzu Chi )

Efitamala, 190404027 (2023) Tantangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Komplek Perumahan Cinta Kasih Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar (Studi Pada Program Pemilahan Sampah Yayasan Buddha Tzu Chi ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Tantangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Komplek Perumahan Cinta Kasih Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar (Studi  Pada Program Pemilahan Sampah Yayasan Buddha Tzu Chi )] Text (Tantangan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Di Komplek Perumahan Cinta Kasih Gampong Neuheun Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar (Studi Pada Program Pemilahan Sampah Yayasan Buddha Tzu Chi ))
Efitamala, 190404027, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Pemilahan Sampah atau Daur Ulang di Yayasan Buddha Tzu Chi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pemilahan sampah di komplek perumahan cinta kasih gampong neuheun dan untuk mengetahui tantangan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di komplek perumahan cinta kasih gampong neuheun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif dengan Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program pemilahan Yayasan Buddha Tzu Chi bersama masyarakat yayasan memberikan bank sampah khususnya di komplek perumahan cinta kasih gampong neuheun agar masyarakat dapat memilah sampah dengan baik dan benar. Barang yang di pilah seperti botol aqua, kaleng, botol kaca, dan kardus dengan yayasan dan masyarakat bersama-sama melakukan penyotiran terhadap sampah. Tantangan dalam pengelolaan sampah dilihat dari tidak adanya tempat tampung sementara khusus di Komplek Perumahan Cinta Kasih, jumlah sarana dan prasarana persampahan masih terbatas, peran pihak swasta dan masyarakat dalam pengelolaan persampahan masih belum optimalisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Efitamala Efi
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:53
Last Modified: 20 Oct 2023 01:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33592

Actions (login required)

View Item
View Item