Implementasi Kode Etik Berpakaian Pada Mahasiswa/I Pai Leting 2019 Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Junita Olifia Ayubi, 160201005 (2023) Implementasi Kode Etik Berpakaian Pada Mahasiswa/I Pai Leting 2019 Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Kode Etik Berpakaian Pada Mahasiswa/I Pai Leting 2019 Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Implementasi Kode Etik Berpakaian Pada Mahasiswa/I Pai Leting 2019 Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Junita Olifia Ayubi, 160201005, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akibat jika mahasiswa PAI Leting 2019 tidak berpakaian sesuai dengan kode etik yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena ataupun sikap yang dilakukan manusia baik individu maupun kelompok. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa:(1)Kebijakan dari kode etik berpakaian yang dilakukan ditingkat universitas, berdasarkan petunjuk kode etik yang dikeluarkan oleh dikti Kementerian Agama.Kementerian Agama telah menetapkan aturan-aturan baku tentang kode etik yang harus diterapkan oleh setiap Universitas. Kode etik ini sudah dipaparkan dalam Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh nomor 38 Tahun 2019 tentang Kode Etik Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. (2) Sosialisasi tersebut memberikan arahan terkait materi apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa, dan salah satunya arahan tentang tata cara berpakaian. Ada tiga tahap pelaksanaan sosialisasi, tahap pertama tingkat universitas, tahap kedua tingkat fakultas dan tahap ketiga tingkat prodi. (3) Pelaksanaan kode etik dilapangan berjalan dengan baik, kebanyakan mahasiswa mengindahkan kode etik yang telah ditetapkan oleh pihak Fakultas. Mahasiswa sudah mengimplementasikan kode etik dalam berpakaian, terlihat pada saat mahasiswa berpakaian muslimah seperti berpakaian sopan, rapih, yang menutup aurat, berpakaian yang tebal dan longgar, tidak berpakaian menyerupai perempuan jahiliyah. Namun kenyataannya masih ditemukan mahasiswa yang belum berpakaian sesuai kode etik dengan berbagai alasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junita Olifia Ayubi
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:45
Last Modified: 24 Oct 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33594

Actions (login required)

View Item
View Item